Waktu yang Tepat untuk Ice Breaking
Ketika kamu berperan sebagai seseorang yang membawakan suatu kegiatan, misalkan pembawa acara, guru, atau narasumber seminar, kamu harus cermat untuk melihat gerak-gerik peserta. Ketika peserta sudah terlihat bosan dan letih, waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk melakukan ice breaking.
Biasanya, peserta akan merasa bosan dan letih setelah beberapa jam sejak acara dimulai. Misalnya, jika kamu memulai acara jam 8, kamu bisa melakukan ice breaking seru di sekitar jam 10 untuk mengembalikan semangat dari peserta.
Contoh ice breaking yang pertama adalah dengan melakukan yel-yel. Coba ciptakan suatu yel-yel untuk membuat suatu kelompok jadi lebih semangat, jangan lupa melakukannya dengan kompak dan riang gembira.
Permainan sambung kata akan menguji kecepatan berpikir dan juga melatih konsentrasi peserta. Permainan ini memerlukan seorang instruktur untuk menunjuk salah seorang untuk mengatakan suatu kata secara acak, lalu peserta selanjutnya akan mengeluarkan kata yang berhubungan dengan kata sebelumnya secara cepat.
Permainan ice breaking seru yang satu ini bisa dimainkan secara berkelompok untuk melatih kerja sama tim. Instruktur akan menunjukkan satu buah gambar kepada orang pertama, lalu orang pertama bertugas untuk menggambarnya dengan waktu singkat dan berlanjut sampai orang terakhir bertugas menebak gambar apa yang dimaksud.
Permainan yang satu ini juga nggak kalah serunya dari permainan yang lain. Sebagai instruktur, kamu bisa menunjuk seseorang untuk menyanyikan sebuah lagu lalu peserta bertugas untuk menebaknya.
Permainan yang satu ini akan terasa semakin sulit karena kata yang perlu diingat akan semakin banyak. Misalnya, orang pertama menyebutkan kata "saya", lalu orang kedua menyebutkan kata "saya membeli", orang ketiga melanjutkan, "saya membeli sepatu" dan terus dilanjutkan sampai ada peserta yang gagal mengingat kata yang sudah disebut sebelumnya.
Permainan ini sangat menyenangkan dan akan melatih konsentrasi peserta. Misalnya, setiap peserta harus berhitung, akan tetapi ketika angka menginjak hitungan kelipatan 4, maka peta tersebut harus mengatakan "dorrr".
Jadinya begini: satu, dua, tiga, dorrr, lima, enam, tujuh, dorrr, sembilan, sepuluh, sebelas, dorr, dan berlanjut terus. Permainan berhenti jika ada peserta yang menyebutkan angka kelipatan 4.
Two truths and a lie
Contoh ice breaking dalam ruangan lainnya adalah Two Truths and a Lie. Permainan sederhana ini dapat membantu para peserta untuk belajar lebih banyak tentang satu sama lain.
Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
Setiap peserta harus membuat 3 pernyataan tentang diri mereka: 2 pernyataan yang benar dan satu pernyataan yang salah.
Kemudian, para peserta lainnya wajib menebak mana yang merupakan pernyataan yang salah di antara ketiga pernyataan tersebut.
Ide ice breaking berikutnya adalah Berhitung. Tenang, ini bukan permainan angka yang rumit ya. Jadi, kamu tidak akan diminta untuk menyelesaikan soal matematika yang kompleks.
Akan tetapi, kamu cukup menggantikan angka tertentu dengan kata "Dor!", khususnya jika angka itu adalah kelipatan dari dua. Berikut ini cara bermainnya:
Pertama, kumpulkan seluruh peserta di dalam sebuah ruangan.
Pemandu kemudian memberikan instruksi kepada para peserta tentang aturan permainan.
Para peserta lalu diminta untuk mulai berhitung dari angka satu. Namun, jika terdapat angka yang merupakan kelipatan dari dua, mereka harus menggantinya dengan kata "Dor!"
Misalnya saja, peserta pertama mulai berhitung dari angka satu, maka orang berikutnya harus mengucapkan "Dor!" karena 2 adalah kelipatan dari dua. Begitu seterusnya, sampai ada peserta yang salah sebut.
Pemandu bisa mengganti aturan permainan dengan mengubah kelipatan angka yang harus diganti dengan "Dor!". Contohnya, mereka dapat mengubahnya menjadi kelipatan 3 atau 4.
Permainan ini tentunya bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan melatih keterampilan berhitung.
Ice breaking indoor tanpa alat tentunya juga menyenangkan, seperti misalnya permainan Bercermin.
Dalam permainan ice breaking ini, peserta perlu menebak pesan berdasarkan gerakan yang dilakukan kelompok objek.
Aturan mainnya adalah sebagai berikut:
Bagilah peserta menjadi dua kelompok, yaitu kelompok bayangan dan kelompok objek dengan jumlah antara 3-5 orang per tim.
Kemudian, tunjuklah satu orang pada tiap kelompok yang akan menjadi bayangan dan objek pada cermin.
Pemandu permainan akan memberikan sebuah pesan seperti "Minum Es Teh".
Maka, kelompok objek harus memperagakan aktivitas yang disebutkan dalam pesan.
Perwakilan dari kelompok bayangan kemudian mengikuti gerakan dari kelompok objek. Setelah itu, mereka perlu menebak pesan tersebut berdasarkan gerakan yang sudah diperagakan tadi.
Game "Siapa Dia" adalah contoh ice breaking yang bertujuan untuk membuat peserta lebih mengenal satu sama lain.
Aturan mainnya sangatlah mudah, yaitu:
Peserta pertama diundang untuk memperkenalkan dirinya, dengan menyebutkan nama dan divisi tempat ia bekerja. Misalnya: "Nama saya Rini, divisi saya adalah Human Resource."
Selanjutnya, peserta kedua akan diminta untuk menyebutkan nama dan divisi dari peserta pertama. Setelah melakukannya, ia pun harus memperkenalkan dirinya sendiri.
Misalnya, "Teman saya Rini, dia bekerja di Human Resource. Saya Ilham, divisi saya adalah Desain".
Proses ini dilanjutkan sampai semua peserta mendapatkan giliran untuk memperkenalkan diri mereka.
Namun, bila ada peserta yang gagal melakukannya, ia wajib bertanya langsung ke orang sebelumnya dan melanjutkan perkenalan tersebut.
Menyampaikan Lelucon
Selain dengan yel-yel, permainan, atau bernyanyi, lelucon yang kamu sampaikan juga bisa saja mencairkan suasana. Cobalah membuat lelucon yang relate dengan peserta sehingga kemungkinan peserta untuk tertawa jadi semakin besar.
Apa saja contoh ice breaking games?
Contoh ice breaking games bisa beragam, mulai dari permainan sederhana seperti Two Truths and a Lie, hingga aktivitas kolaboratif seperti Tim Building Towers.
MEMBUAT HEWAN-HEWAN YANG DATANG KE DALAM KEHIDUPAN kita menyenangkan menggambar permainan untuk anak-anak! Anak-anak melukis dan warna dalam game pembelajaran untuk tk! Lukisan permainan untuk anak-anak tidak pernah begitu hidup dan berguna!
Belanja di App banyak untungnya:
Ice breaking dapat menjadi solusi saat pekerjaan kantor yang menumpuk dan juga beberapa target yang harus diselesaikan. Ice breaking dapat menyegarkan kembali pikiran dan juga tenaga untuk kembali menyelesaikan pekerjaan.
Manfaat Ikan Salmon Untuk Anak-Anak
Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di lautan, ikan ini memiliki daging berwarna merah atau oren merona yang khas dari ikan lainnya. Ikan salmon pada umumnya sering dimakan mentah daripada dimasak matang.
Ikan Salmon atau Salem merupakan jenis ikan dalam kategori famili Salmonidae. Ikan salmon biasanya hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Ikan salmon termasuk ikan spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak
Apa yang Akan Anda Bawa ke Pulau Terpencil
Terkadang, menentukan prioritas di dalam pekerjaan menjadi tantangan tersendiri. Nah, untuk membantu karyawan mengasah mana yang harus menjadi prioritas mereka. Cobalah game satu ini.
Cara memainkannya sangat sederhana, mintalah karyawan untuk memikirkan satu item yang akan mereka bawa jika mereka terdampar di pulau terpencil.
Dari sini Anda bisa melihat tentang prioritas dan kepribadian orang di kantor.
Manfaat Ice Breaking Di Dalam Kantor
Melakukan kegiatan ice breaking di sela waktu kerja memiliki banyak manfaat, diantaranya:
Games ‘Bos Berkata’
Pada game ice breaking ini, para karyawan akan dilatih untuk menyimak dan juga berkonsentrasi kepada 1 arahan suara.
Games ini memerlukan 1 orang pemandu yang bertugas menjadi seorang ‘Raja’
Games ice breaking lucu ini akan membuat karyawan lebih mengenal rekan kerjanya satu sama lain.
Misalnya, Teman saya Ahmad, divisinya marketing. Saya Ihan, divisi saya designer. Lakukan perkenalan tersebut hingga setiap karyawan mendapat giliran
Permainan ice breaking ini mengandalkan 1 orang sebagai pemandu dan juga melatih konsentrasi karyawan.
Ide game ice breaking selanjutknya ini tidak diminta para karyawan untuk menyelesaikan soal matematika, tetapi akan meminta karyawan untuk mengganti angka dengan kelipatan dua menjadi kata “Door!”
Permainan ini bertujuan untuk menguji ketelitian para karyawan dengan mendengarkan cerita dari seorang pemandu dan mendengarkan kata kunci yang disebutkan.
Kuis Trivia Kantor
Apakah Anda sudah yakin bahwa seluruh karyawan mengetahui mengenai seluk beluk perusahaan? Coba buktikan itu dalam game kuis trivia kantor.
Cara melakukan permainan ini juga sederhana, Anda hanya perlu membuat pertanyaan tentang sejarah, budaya, dan prestasi kantor.
Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memahami lebih banyak tentang sejarah perusahaan dan mengetahui hal-hal menarik tentang rekan kerja.